Saturday, September 8, 2012

Nissan March

Nissan March



Harus diakui, Nissan March telah menyita perhatian publik bahkan sebelum diluncurkan di Indonesia. Tren mobil bermesin 1.200 cc sedang hangat-hangatnya dan masyarakat kita menantikan Nissan untuk berkecimpung di kelas ini. 

Seperti yang diduga, kehadiran March menuai sambutan positif di kalangan pemerhati mobil. Meski mesinnya ‘hanya’ 1.200 cc, namun dimensi bodi March tidaklah mengkhawatirkan.

Panjang keseluruhan March adalah 3.780 mm dengan wheelbase 2.440 mm. Angka tersebut tak jauh beda dengan dimensi Toyota Yaris yang jelas beda kelas dengan March. Dan sekaligus, menjadikan March sebagai yang terbongsor di kelas Small Hatchback.

Hal ini berpengaruh besar pada akomodasinya. Masuk ke interiornya, Anda takkan merasa sempit dan jujur, kami lebih merasa seperti masuk ke hatchback 1.500 cc ketimbang mobil hatchback kecil. 

Ruang kaki lega dengan sandaran bangku belakang yang agak landai membuat situasi nyaman selalu tersedia. Intinya, kami puas dengan layout interior March.

Ketika masin dinyalakan, sontak unit berkonfigurasi 3 silinder segaris bangkit dari tidurnya. Di bawah 1.000 rpm, atau kondisi idle, dia memang tak terdengar beda dari yang lain. Namun ketika pedal diinjak dan jarum takometer meraung di 5.000 rpm barulah keluar watak aslinya yang bengis dan meminta korban.

Tes performa yang kami lakukan menunjukkan kemampuan berburunya. Korban pertama adalah Chevrolet Spark yang mudah saja ia tekuk saat adu cepat di 0-100 km/jam. 

Dengan catatan 11,81 detik, March melibas Spark dengan angka 2,31 detik lebih cepat. Begitu pula dengan Splash yang sebelumnya merasa tenang dengan catatan 12,01 detik. Ternyata March berhasil menaklukkannya meski dengan angka tipis 0,2 detik. 

Di akselerasi pertengahan, March semakin menggila. Small Hatchback Nissan ini mengubur semua harapan Splash dan Spark untuk mengejarnya. Ini yang kami maksud dengan bakat alami. 

March dengan mesin 3 silinder memiliki sifat dasar sebagai mesin bertorsi dahsyat di putaran rendah. Dengan kenyataan ini tentu March tak perlu banyak usaha untuk sekadar menyalip di kepadatan kota.

Berikutnya suspensi.  March berasal dari klan Nissan, sehingga Anda bisa membayangkan bantingan empuk ala Teana dan Grand Livina. March membuai pengemudi dan penumpang dengan suspensi yang kenyal dan nyaman. Bantingannya lebih lembut dari Splash ataupun Spark.

Kabar baiknya, konsumsi bbm March termasuk impresif. Di tol Small Hatchback Nissan ini cuma butuh 1 liter untuk menempuh 20,1 km. Sedangkan di jalur perkotaan, tercatat angka efisiensi 15,9 km/liter.

March juga tak kalah jika berbicara fitur. Head unit mampu memutar CD dan MP3. Jika ingin lebih silakan colok jack MP3 player Anda ke lubang aux-in yang disediakan. Istimewanya, March memiliki informasi konsumsi bbm di panel instrumen. Dengan begitu, maka sangat mudah bagi Anda memantau konsumsi bbmnya.


No comments:

Post a Comment